Jangan khawatir! Berikut 5 Tips Menghadapi Calon Mertua yang Perfeksionis

Tips for Facing Perfectionist In-laws

5 Tips Menghadapi Calon Mertua yang Perfeksionis. Ketika melangkah ke tahap yang lebih serius, merebut hati mertua bukanlah hal yang mudah, terutama bagi ayah mertua yang cenderung perfeksionis. Dia akan menemukan pengganti untuk dirinya sendiri yang dianggap lebih baik daripada dirinya sendiri. Sebagai seorang wanita, kita harus memberikan kesan yang baik sehingga kita mendapatkan kepercayaan dalam merawat anak-anak mereka dengan baik. Sikap setiap mertua harus berbeda, sehingga cara yang berbeda bisa meluluhkan hatinya. Berikut adalah 5 cara ampuh wanita menghadapi mertua perfeksionis, mari kita lihat!

5 Tips untuk Menghadapi Perfeksionis Mertua

1. Tunjukkan bahwa Anda dapat membuat anak Anda bahagia bahkan dengan cara yang sederhana

Dengan melihat putranya nyaman dan bahagia bersama Anda, tentu saja, ayah mertuanya akan bahagia dan merasa Anda adalah pilihan yang tepat. Tidak perlu dengan cara yang luar biasa, Anda bisa mulai dengan hal-hal sederhana. Mulai dari memasak makanan kesukaannya hingga menunggunya pulang bekerja dengan senyum manis dan secangkir teh hangat.

Kehidupan keluarga yang sejuk, harmonis, dan sempurna satu sama lain tidak akan membuat ayah mertua banyak berbicara tentang kehidupan rumah tangganya. Meskipun memiliki sikap perfeksionis, hatinya sangat tenang melihat anaknya hidup bahagia dengan cara sederhana yang Anda lakukan.

2. Tidak berlebihan, perhatikan cara bicara yang baik dan penampilan yang menarik

Dalam berurusan dengan mertua yang cenderung perfeksionis, Anda harus menggunakan bahasa yang sopan, halus dan teratur. Ini akan menanamkan citra positif diri Anda, mertua akan menilai Anda adalah orang yang bijak dan berpendidikan. Jangan pernah memotong pembicaraan mertua, apalagi sesumbar tentang kelebihan yang Anda miliki.

Selain itu, kamu juga jangan lupa memperhatikan penampilan seayaknya perempuan! Orang tua perfeksionis juga memperhatikan penampilan pasangan putra mereka. Gunakan riasan yang menarik dan tidak berlebihan, kesan natural dan indah akan menghiasi Anda.

3. Jadikan mertua Anda sebagai teladan dalam mengelola pasangan

Anda harus pandai menjaga hubungan yang baik dengan mertua Anda untuk meminta semua masukan dan saran dalam mengelola pasangan Anda. Karena sebenarnya, orang tuanya adalah manusia yang paling sempurna baginya dalam menjaga dirinya sejak lahir. Jangan canggung, jalin hubungan dengan mertua senyaman dan senyaman mungkin, sehingga Anda bisa mengeluh, curhat, bersenang-senang mengobrol, dan meminta berbagai pendapat.

Meskipun terkadang Anda tidak terlalu nyaman dengan sikap perfeksionis, Anda masih harus menghargai setiap kritik dan saran yang diberikan nya. Memang semua nasihat yang dia berikan adalah untuk kebaikan anak-anaknya. Nanti Anda akan terbiasa dan bahkan mempertimbangkan mertua seperti orang tua kandung Anda sendiri.

4. Jika pendapat Anda tidak sejalan dengan mertua Anda, berikan alasan atau argumen logis yang mengejutkannya

Jangan ragu untuk mengungkapkan pendapat Anda. Jika Anda percaya dan merasa bahwa ini benar, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengatakannya. Berikan alasan dan argumen logis yang mengejutkannya dan mengubah pikirannya. Maka mertua akan menilai Anda sebagai wanita yang memiliki wawasan luas.

Tapi ingat, meski Anda mengutarakan pendapat Anda, jangan pernah menyangkal kata-kata mertua dan menyatakan pendapat mereka salah. Anda masih harus mendengarkan dan mendengarkan dengan baik. Gunakan bahasa yang lembut dan sopan agar tidak menyakitinya sedikit pun. Ini semata-mata dilakukan untuk bertukar pendapat demi kebaikan, bukan sebagai tempat untuk menunjukkan kemampuan di depan mertua.

5. Pandai mengelola emosi dan meletakkan segala sesuatu sesuai dengan kondisi

Dalam menghadapi seorang mertua perfeksionis, Anda harus pandai mengelola emosi dan meletakkan segala sesuatu sesuai dengan kondisi. Jadilah menantu yang ramah, mudah bergaul, dan dapat diandalkan. Tidak mudah terpancing oleh emosi dalam setiap masalah menjadi nilai tambah bagi diri Anda. Terima semua masukan dan saran meskipun Anda tidak setuju, Anda dapat mengambil nilai positif dan menyingkirkan nilai negatif dari mertua Anda. Tenang dan jangan banyak bicara untuk menjadi pilihan yang baik ketika suasana hati mertua Anda tidak baik. Anda harus sangat pandai meminimalkan masalah ketika mendapatkan mertua yang cenderung perfeksionis.

Tidak ada orang tua yang tidak ingin melihat anak-anak mereka bahagia. Setiap orang tua memiliki caranya sendiri untuk menunjukkan kasih sayang yang besar meskipun dia adalah perfeksionis. Terus introspeksi diri dan berubah menjadi yang lebih baik.

Nah, itulah 5 Tips cara menghadapi mertua yang Perfeksionis sekaligus menjadi calon mertua yang sempurna di mata mertua.